• img
09 August 2018

Dasar Pengukuran Pada Vibration Sensor

Vibration sensor merupkan alat sensor untuk menguji suata getaran pada sebuah benda yang dialiri oleh daya arus listrik. Karena setiap benda yang dialirkan listrik mempunyai getaran yang berbeda beda dari setiap benda nya maka dibutuhkan vibration sensor untuk mengetahui tingkat getaran. Vibration sensor mampu mendapatkan adanya getaran melalui gerakan mekanis menjadi sinyal listrik.

Vibration sensor yang sering digunakan adalah

Displacement sensor, Velocity sensor, dan Acceleration sensor. Tugas dari masing masing sensor ini berbeda beda tugasnya:

a)      Displacement sensor untuk mengukur perubahan jarak antara elemen mesin dengan Housing nya (Frame) yang diam. Sensor nya ini diselimuti oleh kumparan yang di energize oleh arus AC. Terdapat Modul Proximitor sebagai Rangkaian Osilator yang menurunkan eksitasi pada kumparan sensor. Proximitor tersebut mendapatkan simpanan power 24 VDC dan menggerakan kumparan sensor melewati kabel Coaxial. Jarak dari sensor dan shaft melalui Modul Proximitor dengan 200mV/mil (1 mil=1/1000 inch)

 

b)      Velocity sensor

Dalam pengukuran vibration sensor velocity ini banyak digunakan baik untuk pengukurannya sendiri, maupun untuk balancing dan analisis. Sensor ini banyak digunakan karena pemasanganya dapat dengan cara dipegang tangan serta memiliki output besar. Saat sensor digunakan, permukaan A didekatkan secara rapat serta kuat pada benda yang bergetar, maka akibat dari getaran tersebut pick-up case(1)akan bergetar sedangkan mass system(4)akan diam karena adanya damper(3).

www.info-elektro.com

Hasilnya menimbulkan peristiwa pembuatan energy listrik dengan konsep sebagai berikut: “Apabila konduktor digerakan diarea medan magnet atau medan magnet tersebut yang digerakan menuju konduktor maka konduktor akan menghasilkan tegangan listrik”

c)       Acceleration sensor

Sensor acceleration sensor ini adalah sebuh sensor yang digunakan untuk mengukur kecepatan suatu objek. Fungsi dari sensor acceleration untuk mengukur percepatan dynamic dan static. Prinsip kerja yang digunakan dari sensor ini adalah prinsip percepatan(acceleration). Suatu beban akan bergerak dengan satu percepatan sampai kodisi tertentu akan berhenti. Bila ada sesuatu yang menggerakan maka beban tersebut akan berayun kembali. Pengukuran inilah yang umumnya menajadi hassil pengukuran chip.

Sensor Indo adalah perusahaan yang menyediakan berbagai macam sensor, salah satunya adalah sensor accelerometer ini dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung melalui nomor telepon atau email yang tertera.