• img
05 June 2018

Fungsi Vibration Sensor

Ac Vibration sensor merupakan sebuah sensor getaran  yang berfungsi untuk dan menghasilkan arus listrik

Vibration Sensor

 

Sensor vibration ini terbagi menjadi dua macam yaitu :

  1. Kontak

Sensor ini disebut juga casing measurement. Sensor yang digunakan seismic transduser, yaitu sensor yang digunakan untuk mengukur kecepatan dan percepatan. Velocity probe digunakan untuk mengukur kecepatan, sedangkan velomiter probe digunakan untuk mengukur kecepatan

a)      Velocity Probe

Sensor velocity probe ini merupakan sensor yang berkontak langsung dengan benda yang akan diukur fibrasi nya. Sensor velocity ini berfungsi untuk mengukur getaran dari suatu alat atau mesin mengguanakan kecepatan seabagai parameternya.

 

Sensor ini mempunyai prinsip kerja yang sama dengan hukum fisika yaitu apabila disuatu kondoktur atua kumparan tersebut dikelilingi oleh medan yang bergerak terhadap konduktor maka akan menimbulkan tegangan induksi pada konduktor.

 

  1. Acceleration Probe

Sensor Acceleration probe ini merupakan sensor yang berfungsi untuk mengukur getaran dengan mengukur kecepatan dari alat yang akan diuji fibrasi nya tersebut. Pada acceleration probe terdapat Case insalator ini berfungsi sebagai transmitter atau yang mengstransmisikan getaran dari mesin menuju piezoelectric sehingga piezoelectric mengalami tekanan yang sebanding dengan getaran yang diterima dari mesin.

 Getaran mekanis akan menimbulkan bahan piezoelectric tersebut menghasilkan muatan listrik. Tetapi arus listrik yang dihasilkan oleh piezoelectric ini sangat kecil, sehingga diperlukan alat lain agar menghasilkan getaran listrik yang standard

       Keuntungan utama peralatan digital ini adalah:

  1. Fleksibelitas dalam pengolahan data
  2. Waktu pengolahan relative lebih cepat (order millisecond)
  3. Mudah disimpan dan bisa dibawa kemana saja (portable)

 

  • Pengambilan data menggunakan sensor getaran

Sensor getaran dipasang pada bagian-bagian mesin yang cukup kaku untuk menghindari efek resonasi local bagian tersebut. Sebelum pengambilan data-data dengan alat sensor tersebut haruslah terlebih dahulu mengetahui bagian mana dari mesin tersebut yang paling tepat untuk pengukuran vibrasi. Data vibrasi dapet dikumpulkan data nya dengan dua cara, yaitu:

a)      Pengambilan data secara axial adalah menempatkan alat sensor pada arah aksial atau searah dengan poros. Problem semacam misalignment dan bent shaft biasanya dapat diketahui dengan cara ini

b)      Pengambilan data secara radial terbagi menjadi 2 cara, yaitu:

  • Horizontal

Horizontal merupakan salah satu pengambilan data dengan cara meletakan alat secara horizontal. Dari pengukuran ini dapat diketahui amplitudo yang paling tinggi.

  • Vertikal

Pengambilan data secara vertical adalah dengan menempatkan alat sensor pada posisi vertical atau berbanding 90odengan arah horizontal pada bearing cap. Pengambilan data secara vertikal ini akan menunjukan amplitude yang lebih rendah dibandingkan pengambilan data secara vertikal

Sensor Indo adalah perusahaan yang menyediakan berbagai macam sensor, salah satunya adalah accelerometer sensor ini dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung melalui nomor telepon atau email yang tertera.