• img
18 July 2018

Lebih mengenal sensor torsi

Sudahkah anda mengenal sensor toque/ torsi? Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mendengar nama dari sensor torque ini tapi belum memahami dengan benar apa  fungsi dan cara kerja dari sensor torsi ini. Lebih lengkapnya mari kita bahas.

Sensor torque atau bisa disebut torsi transduser ini merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur dan merekam torsi pada mesin berputar, seperti gearbox, rotor, transmisi, biycycle crank, atau Cap Torque Tester.

Torsi ini sendiri adalah tenaga untuk menggerakkan, menjalankan atau menarik sesuatu (pulling power). Torsi memiliki satuan internasionalnya yaitu feet/lbs, feet-pounds atau Newtonmeter (Nm).

Cara Keja Sensor

Untuk pengukuran Torsi statis ini relative mudah diukur, berbanding terbalik dengan torsi statis, torsi dinamis ini justru tidak mudah untuk pengukurannya dikarenakan, membutuhkan transfer dari beberapa efef (listrik atau magnet) dari poros yang diukur sistem statis. Untuk bisa mencapai ini membutuhkan salah satu cara yaitu dengan mengkondisikan poros yang melekat dengan serangkaian domain magnet permanen.

Karakteristik magnetik yang ditunjukan dari domain ini akan bervariasi sesuai dengan torsi yang diterapkan. Sensor torsi magneoelastik ini biasanya digunakan di dalam kendaraan seperti pada mobil balap, hovercraft, dan pesawat terbang.

Umumnya, sensor torsi ini menggunakan pengukur regangan yang diterapkan pada poros baik yang berputar maupun diam. Jenis sensor torsi yang terbaru ini menambahkan pengkondisi dan converter A/D ke poros yang berputar, kemudian stator elektronik membaca sinyal digital dan mengubah sinyal tersebut menjadi sinyal output analog tingkat tinggi, seperti +/- 10VDC.

Cara lain untuk pengukuran torsi adalah dengan cara mengukuran sudut putaran atau pergeseran. Teknik ini digunakan dalam mesin turboprop Allison T56 yang dimana Allison T56 turboprop ini memiliki poros tunggal.

Jika system mekanis melibatkan gearbox pada sudut kanan, maka gaya reaksi aksial yang dapat dialami oleh poros input dapat dilibatkan dengan torsi yang dialami oleh poros output. Tegangan input pada aksial harus dikalibrasi terhadap output torsi. Tegangan input sendiri bisa dengan mudah pengukurannya melalui pengukur regangan dari perumahan bantalan output minion.

Sensor Indo adalah perusahaan yang menyediakan berbagai macam sensor, salah satunya adalah jual sensor torsi ini dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung melalui nomor telepon atau email yang tertera.