Fungsi Vibration Sensor Dalam Monitoring Kesehatan Infrastruktur

Pernahkah Anda merasakan sebuah getaran ketika sedang berapa di sebuah gedung atau jembatan? Getaran tersebut biasanya terjadi akibat dari berbagai aktivitas seperti kendaraan atau mesin yang ada di sekitarnya. Walaupun getaran yang dihasilkan tidak terlalu besar dan terkadang sulit untuk dirasakan manusia, tidak menutup kemungkinan tidak ada dampak buruk pada struktur bangunan tersebut 

Perlu Anda ketahui bahwa bangunan yang mengalami getaran terus menerus dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan infrastruktur. Dampak tersebut dapat berupa kerusakan material hingga perubahan pada pondasi. Jika infrastruktur sudah mengalami kerusakan maka akan mengganggu kenyamanan dan keamanan masyarakat sekitar dan pengguna infrastruktur tersebut. Oleh karena itu, meningkatkan keamanan pada infrastruktur menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pengelola infrastruktur tersebut. `

Salah satu cara terbaik dalam mengatasi masalah getaran ini adalah dengan melakukan monitoring getaran pada infrastruktur tersebut. Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa sebuah infrastruktur memiliki batas getaran yang sudah di tentukan berdasarkan jenisnya. 

Pemantauan getaran ini bertujuan untuk mengukur dan mencatat tingka getaran pada struktur serta membandingkan hasil terhadap batas yang telah ditentukan untuk mengambil tindakan jika suatu batas getaran terlampaui. Untuk mendapatkan data getaran yang dialami infrastruktur, harus menggunakan vibration sensor sebagai sensor utama dalam membaca getaran pada proses monitoring. 

Vibration Sensor Untuk Infrastruktur 

Seperti yang kita ketahui vibration sensor merupakan sensor yang berfungsi untuk mendeteksi getaran atau perubahan getaran pada suatu benda dengan akurat. Dengan kemampuan untuk mengukur berbagai jenis getaran, Vibration Sensor dapat memainkan peran penting dalam pemantauan kesehatan sebuah infrastruktur. 

Sensor ini dapat digunakan untuk mendeteksi potensi kerusakan pada infrastruktur sebelum berkembang menjadi kerusakan yang serius. Dengan informasi yang diberikan oleh Vibration Sensor, tindakan perbaikan atau pemeliharaan dapat diambil tepat waktu dan menghindari kerugian yang besar.

Ada banyak sekali merk vibration sensor yang digunakan dalam pematauan getaran infrastruktur. Salah satu rekomendais vibtation sensor yang sering digunakan pada saat ini adalah BDI A2512 AMPLIFIED ACCELEROMETER.

BDI AMPLIFIED ACCELEROMETER

Dalam beberapa tahun terakhir, vibration sensor BDI A2512 amplified accelerometer menjadi  salah satu sensor getaran yang umum digunakan dan direkomendasikan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan BDI A2512 amplified accelerometer sangat mempermudah proses monitoring getaran dengan berbagai fitur yang dimilikinya. Fitur – fitur tersebut berupa : 

  1. Memiliki ketahanan yang kuat dan Andal pada kondisi lapangan yang ekstrim
  2. Aplikasi yang mudah
  3. Memiliki akurasi dan stabilitas yang tinggi
  4. Penggunaan daya listrik yang rendah
  5. Dilengkapi sertifikat kalibrasi NIST
  6. Dapat merespon getaran hingga 0 Hz
  7. Mempermudah pengaplikasian sensor dengan berbagai opsi pemasangan
  8. Tingkat perlindungan dapat dicostum melebihi IP67

Dengan berbagai fitur tersebut, akan sangat mempermudah proses pemantauan kesehatan infrastruktur dengan hasil yang memuaskan.

Sensorindo sebagai perusahaan yang berfokus pada penjualan sensor yang menjual berbagai jenis Air Quality Sensor berkualitas dengan harga yang bersahabat.

>>LINK PRODUK VIBRATION SENSOR<<

Segera hubungi kami untuk berbagai kebutuhan Vibration Sensor Anda untuk mendapatkan rekomendasi dan harga terbaik dari kami melalui fitur chatting online yang tersedia di pojok kanan bawah atau hubungi kontak dibawah ini

PT SENSORINDO   | Sensorindo.com

Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur

Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)

Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)

Email: sales@sensorindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *