Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan fungsi Torque Sensor pada Dynamometer yang memiliki fungsi untuk mengukur tenaga/daya. Seperti yang kita ketahui bersama, dunia industry khususnya industry otomotif berkembang setiap tahun, para pelaku dibidang otomotif seperti produsen mobil atau motor berlomba – lomba untuk mengeluarkan produk terbarunya.

Tentunya produk terbaru yang dikeluarkan perlu memiliki keunggulan dari produk yang terdahulu, berkaitan dengan hal tersebut dapat kita mengambil contoh adalah produksi mobil, produk mobil yang terbaru harus memiliki keunggulan dari mobil keluaran sebelumnya.

Keunggulan yang kami maksud disini dapat berupa fitur atau performa mesin dan lainya, berkaitan dengan performa mesin. Sebelum mobil tersebur dilaunching atau diluncurkan mesin tersebut akan diukur/diuji sejauh mana mesin tersebut dapat bekerja. Untuk mengukur performa engine tersebut dibutuhkan sebuah alat yang dinamakan dynamometer.

Sebelumnya kita harus tahu dahulu Apa Itu  Dynamometer?

Dinamometer, adalah suatu mesin yang digunakan untuk mengukur torsi (torque) dan kecepatan putaran (rpm) dari tenaga yang diproduksi oleh suatu mesin, motor atau penggerak berputar lain. Dinamometer dapat juga digunakan untuk menentukan tenaga dan torsi yang diperlukan untuk mengoperasikan suatu mesin. Dalam hal ini, maka diperlukan dinamometer. Dinamometer yang dirancang untuk dikemudikan disebut dinamometer absorsi/penyerap. Dinamometer yang dapat digunakan, baik penggerak maupun penyerap tenaga disebut dinamometer aktif atau universal.

Dalam menentukan torsi atau karakteristik tenaga dari mesin dalam test/Machine Under Test (MUT), diperlukan sebuah sensor yang dapat mengukur atau merekam torsi pada mesin, yaitu Torque Sensor ( sensor torsi ), Apa itu torque sensor?

Torque Sensor adalah sensor (transduser) yang mengubah torsi menjadi sinyal output elektrik. Dua tipe torque sensor yang sering dipakai adalah yang dipasang pada poros yang tetap dan yang dipasang pada poros yang berputar seperti mesin Dynamometer. Fungsinya untuk merekam dan mengukur sistem berputar Dynamometer.

Sensor Torsi Datum Electronics

Berbicara tentang sensor torsi, sensorindo.com mensupply M425 DYNAMIC TORQUE SENSOR yang mampu mengukur hingga 100 Nm ( dengan rentang rak lengkap hingga 60 kNm ) dengan akurasi 0,1% dan kecepatan rotasi hingga 10.000 rpm. Alat ini dirancang untuk memaksimalkan akurasi secara keseluruhan dan memberikan tingkat toleransi yang tinggi, menjadikanya pilihan yang sempurna untuk pengujian rig

Selain itu,juga terhubung oleh kabel daya ke Antarmuka Transduser Torsi Universal, sensor torsi Datum M425 menyediakan berbagai pilihan output data, sehingga memudahkan data untuk diperoleh dan dianalisis, membantu memverifikasi kinerja produk aktual dalam fasilitas pengujian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *